Cara Mengatasi Jet Lag Untuk Perjalanan Jauh

Cara Mengatasi Jet Lag Untuk Perjalanan Jauh

Apa Itu Jet Lag? Apa Cara Terbaik Untuk Mengurangi atau Mengatasi Jet Lag?
Baik Anda bepergian untuk bisnis, liburan, atau kompetisi atletik, perjalanan besar biasanya menimbulkan kegembiraan. Sayangnya, masalah bisa muncul dari proses traveling. Ketika penerbangan pesawat panjang terlibat, jet lag sering ditemui.

Jet lag umumnya diasosiasikan dengan perjalanan pesawat internasional, tetapi dapat muncul pada penerbangan mana pun yang mengarah ke timur atau barat melintasi tiga zona waktu atau lebih. Jet lag sering menyebabkan gangguan tidur, yang dapat membuat jam internal tubuh Anda tidak sinkron dengan siklus siang-malam di tempat tujuan Anda.

Mengetahui cara mencegah dan memulihkan diri dari jet lag dapat membantu Anda mempertahankan jadwal tidur dan kesehatan secara keseluruhan selama perjalanan, sehingga Anda dapat memaksimalkan perjalanan Anda.

Apa Itu Jet Lag?

Jet lag adalah gangguan ritme sirkadian tubuh yang terjadi dengan perjalanan pesawat melintasi tiga zona waktu atau lebih1. Gejala sering termasuk masalah tidur, kantuk di siang hari, gangguan kinerja mental atau fisik, malaise umum, dan masalah gastrointestinal.

Jet lag dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu2. Ini cenderung lebih buruk ketika bepergian ke timur3 dan ketika lebih banyak zona waktu dilintasi.

Tidak semua orang terkena jet lag. Jadwal perjalanan dan faktor individu dapat mempengaruhi tingkat keparahan dan durasi jet lag.

Apa Cara Terbaik Untuk Mengurangi atau Mengatasi Jet Lag?

Kunci untuk mengatasi jet lag adalah menyelaraskan ritme sirkadian tubuh Anda dengan jadwal matahari terbit dan terbenam di tempat tujuan. Banyak langkah yang juga bisa dilakukan untuk meminimalisir gejala yang disebabkan oleh jet lag.

Menyelaraskan Irama Sirkadian Anda

Menyelaraskan Irama Sirkadian Anda
Mengatasi jet lag bergantung pada sinkronisasi jam internal 24 jam tubuh Anda dengan 24 jam sehari di tempat tujuan. Namun, cara terbaik untuk mencapainya bervariasi, tergantung pada faktor khusus untuk perjalanan Anda:

Apakah Anda bepergian ke timur atau barat. (Perjalanan ke timur dikaitkan dengan kemungkinan peningkatan jetlag.
Jumlah zona waktu yang dilewati. (Melintasi lebih dari tiga zona waktu meningkatkan kemungkinan jetlag).
Total waktu perjalanan, termasuk persinggahan
Waktu kedatangan penerbangan
Lama perjalanan Anda (termasuk penerbangan berikutnya)
Jadwal tidur normal Anda

Rencana selama perjalanan Anda, termasuk kewajiban terjadwal
Karena variabel-variabel ini, tidak ada obat tunggal untuk jet lag. Sebaliknya, mengatasi jet lag dengan cepat biasanya membutuhkan rencana yang melibatkan paparan cahaya dan melatonin. Keduanya adalah pemberi pengaruh kuat pada ritme sirkadian dan dapat membantu melatih kembali jam internal Anda.

Pengaturan waktu yang tepat5 adalah kunci untuk menyesuaikan ritme sirkadian Anda. Faktanya, paparan cahaya dan asupan melatonin pada waktu yang salah dalam sehari dapat semakin mendesinkronisasi ritme sirkadian Anda dan memperburuk jet lag.

Bahkan dengan rencana yang dikembangkan dengan baik, Anda mungkin masih mengalami gejala jet lag. Setiap individu menyesuaikan secara berbeda dengan perubahan zona waktu yang cepat, tetapi bekerja untuk mengarahkan kembali ritme sirkadian Anda dapat mengurangi kemungkinan jet lag akan berdampak negatif pada perjalanan Anda.

Paparan Cahaya
Cahaya, terutama cahaya alami, memiliki pengaruh terbesar pada ritme sirkadian. Cahaya dari matahari, bahkan pada hari berawan, adalah sinyal penting yang ditafsirkan oleh otak untuk mengatur jam internal kita.

Paparan cahaya alami di tempat tujuan Anda mempercepat proses penyesuaian dengan zona waktu baru; namun, Anda mungkin tidak ingin segera bergegas keluar. Bergantung pada seberapa jauh Anda telah melakukan perjalanan dan waktu Anda mendarat, mungkin lebih baik untuk menghindari cahaya saat Anda pertama kali tiba dan kemudian memperpanjang paparan cahaya lebih awal pada hari berikutnya.

Cahaya buatan, termasuk perangkat elektronik, juga mempengaruhi ritme sirkadian. Untuk alasan ini, cobalah untuk menghindari cahaya buatan selama periode gelap dan tidur yang direncanakan.

Ketika paparan cahaya alami bukanlah pilihan, lampu berdaya tinggi yang digunakan untuk terapi cahaya, juga disebut lightbox, dapat memberikan pencahayaan yang lebih tinggi dengan efek sirkadian yang lebih besar.

Melatonin
Hormon melatonin secara alami dibuat oleh tubuh. Produksi melatonin biasanya dimulai pada malam hari beberapa jam sebelum waktu tidur normal Anda. Dua fungsi utama melatonin adalah membantu inisiasi tidur dan mengatur ritme sirkadian Anda.

Ketika ritme sirkadian Anda terganggu oleh jet lag, waktu produksi melatonin dapat terganggu. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen melatonin pada waktu yang tepat dapat membantu menyetel kembali jam internal Anda.

Melatonin dijual sebagai suplemen makanan yang dijual bebas yang tersedia tanpa resep. Beberapa obat resep juga meningkatkan kadar melatonin.

Kebanyakan orang dapat mengonsumsi melatonin tanpa efek samping yang signifikan, tetapi pada beberapa orang, melatonin dapat menyebabkan grogi atau masalah perut dan mungkin berinteraksi dengan obat lain. Seperti halnya obat atau suplemen apa pun, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi melatonin. Bagi kalian yang mau beli bisa di situs ini http://139.99.23.74/ .

Penyesuaian Pra-Perjalanan untuk Jadwal Tidur Anda
Bagi banyak pelancong, cara terbaik untuk mengatasi jet lag adalah dengan mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya.

Baca Juga Artikel Berikut Ini : BAGAIMANA MENJADI PENASIHAT PERJALANAN MEWAH

Anda mungkin juga suka...